Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (2024)

Pada saat pengumuman, yang ditunggu-tunggu oleh tentara Kanada, tentang peningkatan belanja pertahanan Ottawa di masa depan, Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan bahwa dia telah berbicara dengan rekan-rekannya di Amerika, Inggris dan Australia, mengenai kemungkinan keanggotaan Kanada dalam aliansi AUKUS. .

Pemimpin tersebut juga mengumumkan diskusi dengan lawan bicara yang sama sehingga Ottawa dapat bergabung dengan program SSN-AUKUS, yang bertujuan untuk merancang kapal selam serang nuklir generasi baru untuk melengkapi angkatan laut Inggris dan Australia.

Namun, jika pilihan tenaga nuklir untuk kapal selam serang Kanada di masa depan masuk akal, semua parameter lain mengenai hipotesis ini, mulai dari jadwal hingga biaya program semacam itu, tidak sesuai dengan kenyataan yang ada di Kanada.

Meta-Defense merayakan hari jadinya yang ke 5!

Penawaran berlaku mulai 10 hingga 21 Mei untuk langganan online Klasik atau Premium baru, langganan tahunan atau mingguan di situs web Meta-Defense.

ringkasan

Menuju perluasan aliansi AUKUS menghadapi Tiongkok di Pasifik

Selama beberapa minggu, Amerika Serikat telah meningkatkan tawaran diplomatik untuk mencoba memperkuat aliansi AUKUS, dalam menghadapi meningkatnya ketegangan dengan Tiongkok. Karena itu topik ini diangkat dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dalam kesempatan kunjungan resminya ke Washington untuk bertemu Presiden Biden.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (2)

Bagi Tokyo, pertanyaannya adalah bergabung dengan pilar kedua aliansi AUKUS, yang hanya berkaitan dengan kerja sama militer, dan bukan partisipasinya dalam program kapal selam serang nuklir SSN-AUKUS.

Ingatlah bahwa pasukan pertahanan diri angkatan laut Jepang telah memiliki armada kapal selam yang sangat efisien, yang saat ini sedang dimodernisasi dengan kapal selam kelas Taïgei baru, kapal pertama yang dilengkapi dengan baterai Lithium-ion. Selain itu, secara konstitusional, negara tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengerahkan pasukannya, sehingga secara signifikan membatasi kegunaan kapal selam bertenaga nuklir.

Justin Trudeau membahas pembicaraan dengan AS, Inggris dan Australia untuk bergabung dengan AUKUS

Namun hal ini tidak berlaku bagi Kanada. Ottawa tidak hanya berbagi, dengan tiga anggota pendiri aliansi AUKUS, keanggotaannya dalam Five Eyes, sekutu terdekat Amerika Serikat, namun negara ini tidak memiliki batasan konstitusional yang mengatur penggunaan angkatan bersenjata Jepang.

Selain itu, Angkatan Laut Kerajaan Kanada telah memulai program untuk mengganti empat kapal selam kelas Victoria dengan enam hingga dua belas kapal selam baru, untuk sekaligus memperkuat kehadirannya di pesisir Atlantik dan Pasifik.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (3)

Oleh karena itu, tidak mengherankan, dalam situasi seperti ini, Kanada juga mempertimbangkan untuk bergabung dengan Aliansi Aukus, untuk mencerminkan perubahan yang dilakukan negara tetangga dan pelindung Amerika tersebut saat ini menuju Pasifik.

Beberapa hari yang lalu, Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan bahwa dia telah berbicara dengan rekan-rekannya di Amerika, Inggris dan Australia untuk bergabung dengan aliansi AUKUS, tetapi juga untuk memperoleh, seperti Australia, dana serangan nuklir marinir -SSN-AUKUS, sebagai pengganti serangan saat ini. program yang menargetkan kapal selam bertenaga konvensional di mana enam perusahaan Barat berpartisipasi (Kocku*ms, Naval Group, TKMS, Navantia, Hanwaa Ocean dan Mitsubishi).

Pilihan tenaga nuklir untuk kapal selam Kanada sudah jelas

Terlepas dari konteks apa pun, tenaga penggerak nuklir memang akan memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Kerajaan Kanada. Faktanya, hal ini harus terjadi di tiga samudera, Atlantik, Pasifik, dan Samudra Arktik, di bawah lapisan es selama beberapa bulan dalam setahun.

Selain itu, ketegangan mengenai klaim Arktik dengan Rusia semakin meningkat, seiring dengan pesatnya Moskow memperkuat armada kapal selam bertenaga nuklirnya, dengan kelas Project 885M Yassen-M, kapal yang coco*k untuk beroperasi di perairan es ini.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (4)

Terakhir, di luar perlindungan perairan dan hak teritorial, kapal selam Kanada dimaksudkan untuk beroperasi dalam jarak yang jauh, di Atlantik Utara dalam kerangka NATO menghadapi Rusia, dan di Pasifik, menghadapi Tiongkok, terutama jika Ottawa bergabung, seperti Tokyo, dengan pilar kedua aliansi AUKUS.

Faktanya, dari sudut pandang operasional murni, beralih ke SSN akan lebih disukai Angkatan Laut Kanada, sem*ntara partisipasi dalam program SSN-AUKUS dengan tiga anggota Five-Eye lainnya akan terlihat jelas, bahkan karena alasan teknologi kedekatan.

Sayangnya bagi Ottawa, saat ini, keputusan seperti itu hampir mustahil diambil, setidaknya tanpa menimbulkan risiko yang sangat signifikan bagi pasukan kapal selam Kanada selama 25 hingga 30 tahun ke depan.

Jadwal SSN-AUKUS tidak memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Kanada

Ketidakmungkinan faktual pertama yang akan dihadapi Ottawa dengan bergabung dengan program SSN-AUKUS adalah jadwal penggantian 4 kapal selam kelas Viktoria.

Kapal-kapal ini, awalnya dibuat untuk Angkatan Laut Kerajaan, baru mulai beroperasi pada tahun 2000 (RCN Viktoria), 2003 (RCN Corner Brook dan Windsor), dan bahkan tahun 2015 (RCN Chicoutimi) di Angkatan Laut Kerajaan Kanada. Namun, mereka mulai bertugas antara tahun 1990 dan 1993 di Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan oleh karena itu, saat ini, mereka telah bertugas selama 31 hingga 34 tahun.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (5)

Berdasarkan prakiraan jadwal program SSN-AUKUS, kapal pertama yang diperuntukkan bagi Royal Navy baru akan memasuki layanan pada tahun 2038 atau 2039, dan mulai tahun 2040 untuk Royal Australian Navy. Oleh karena itu, pada saat itu, kapal-kapal Kanada akan berusia 46 hingga 49 tahun, yang sebenarnya tidak terpikirkan untuk kapal jenis ini, kecuali jika disimpan di pelabuhan.

Yang terpenting, baik Inggris maupun Australia tidak akan siap untuk menunda sebagian pengiriman mereka, agar pengiriman dapat diperlancar ke Kanada, sem*ntara percepatan program tampaknya, hingga saat ini, tidak terpikirkan, bukan tanpa menunda jadwal yang sudah sangat sulit. untuk membangun.

Kapasitas industri tambahan Amerika tidak tersedia untuk solusi sem*ntara

Jebakan kedua, dan yang paling penting, kemungkinan besar adalah galangan kapal Amerika. tidak dapat memproduksi lebih banyak kapal selam untuk mungkin menghasilkan solusi sem*ntara, seperti yang direncanakan untuk Australia.

Ingatlah bahwa, seperti Ottawa, Canberra sedang terburu-buru mengganti enam kapal selam kelas Collins, kapal yang hampir sepuluh tahun lebih baru dari Viktoria Kanada.

Untuk melakukan hal ini, Australia harus memperoleh tiga hingga lima kapal selam serang nuklir kelas Virginia, termasuk dua kapal selam bekas, dari Angkatan Laut AS dan industri angkatan laut AS, dari tahun 2034 hingga 2036.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (6)

Namun, kelayakan penjualan ini masih jauh dari kepastian, Kongres Amerika telah menetapkan bahwa penjualan ini tidak menghalangi peningkatan kekuatan dan rencana modernisasi Angkatan Laut AS, yang berencana untuk memiliki 60 SSN modern, pada tahun 2045 saat ini hanya memiliki 48 kapal, termasuk lebih dari dua puluh kapal Los Angeles yang harus diganti.

Memang benar, galangan kapal Amerika tidak dapat meningkatkan tingkat pengiriman, sebagian karena kesulitan sumber daya manusia, sem*ntara pembangunan SSN yang saat ini sedang berlangsung akan segera diikuti oleh SSBN kelas Columbia di tahun-tahun mendatang.

Dengan kata lain, sangat tidak mungkin bagi Washington untuk dapat mengusulkan, kepada Ottawa, penjualan SSN, baik baru atau bekas, untuk menggantikan Viktoria-nya yang tidak lagi dapat berlayar dalam beberapa tahun, sambil menunggu persetujuan. pengiriman pertama SSN-AUKUS, setelah tahun 2040.

Anggaran pertahanan Kanada tidak mampu mendukung partisipasi dalam program SSN-AUKUS

Tembok terakhir yang menjadi penghalang bagi ambisi yang diungkapkan oleh Justin Trudeau saat ini tidak lain adalah anggaran Angkatan Bersenjata Kanada yang kelaparan, yang terlalu tidak cukup untuk mendukung akuisisi dan implementasi kapal selam serang nuklir.

Faktanya, Ottawa menghabiskan $22 miliar untuk angkatan bersenjatanya saat ini, atau 1,38% dari PDB-nya. Perdana Menteri Justin Trudeau berjanji untuk meningkatkan anggaran ini menjadi $30 miliar dan 1,76% PDB pada tahun 2030.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (7)

Pada saat yang sama, negara ini telah terlibat dalam beberapa program besar, dengan akuisisi 88 F-35A senilai $15 miliar, 14 pesawat patroli maritim P-8A Poseidon sebesar $6 miliar, atau bahkan 15 fregat sebesar $26 miliar, yang merupakan surplus anggaran Kanada sebesar $87 miliar yang diumumkan oleh Perdana Menteri pada tahun 2030.

Pada saat yang sama, program Australia, untuk 8 SSN termasuk 3 Virginia dan 5 SSN-AUKUS, menurut perkiraan, akan menelan biaya lebih dari $300 miliar selama umur kapal, dan sekitar $50 miliar dalam hal akuisisi saja. Canberra saat ini mencurahkan 54 miliar dolar Australia, 35 miliar dolar, dan 2,1% PDB, untuk upaya pertahanannya, dan berencana untuk menyalurkannya, sebagian besar untuk membiayai SSN-AUKUS, melampaui $40 miliar dan 2,4% PDB pada tahun 2030.

Meskipun terdapat tambahan sumber daya, Canberra telah mengurangi beberapa program utamanya, termasuk fregat dan kendaraan tempur infanteri, untuk memberikan dana bagi SSN-AUKUS.

Kesimpulan

Kita dapat melihat apakah pilihan untuk beralih ke kapal selam bertenaga nuklir terbukti relevan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Kerajaan Kanada, dan apakah bergabung dengan aliansi AUKUS diperlukan dalam jangka pendek bagi Ottawa, beralih ke SSN-AUKUS, tampaknya hanya angan-angan saja.

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (8)

Memang benar, baik jadwal, sumber daya anggaran, maupun sumber daya industri yang sebenarnya tersedia atau direncanakan hingga saat ini, tampaknya tidak mampu merespons program tersebut. Yang lebih buruk lagi, batasan-batasan tertentu, seperti kapasitas industri yang sebenarnya tersedia, saat ini lebih bersifat konstan dibandingkan parameter yang dapat diubah, misalnya dengan meningkatkan ketersediaan kredit.

Paradoksnya, jika Ottawa benar-benar ingin beralih ke armada SSN, satu-satunya alternatif yang benar-benar kredibel, dari segi anggaran dan industri, adalah beralih ke Perancis, dan melakukan akuisisi, atau bahkan konstruksi lokal, SSN dari kelas Suffren. Namun, akan sangat mengejutkan jika Washington membiarkan Ottawa beralih ke Paris di kawasan ini, setelah melakukan begitu banyak upaya untuk mengeluarkan kelompok Angkatan Laut dari Australia.

Faktanya adalah tidak adanya jaminan yang kredibel mengenai peningkatan besar-besaran dalam kapasitas produksi industri Amerika Serikat atau Inggris di bidang ini, di satu sisi, dan peningkatan besar-besaran anggaran Angkatan Darat dan upaya pertahanan. di sisi lain, di pihak Kanada, kemungkinan besar hipotesis ini akan sia-sia, hanya akan menyebabkan penundaan tambahan terkait penggantian kapal selam kelas Victoria milik Angkatan Laut Kerajaan Kanada yang sudah terlalu tua.

Artikel mulai 15 April dalam versi lengkap hingga 25 Mei

Apakah SSN-AUKUS merupakan pilihan realistis bagi Kanada? (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Annamae Dooley

Last Updated:

Views: 6029

Rating: 4.4 / 5 (65 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Annamae Dooley

Birthday: 2001-07-26

Address: 9687 Tambra Meadow, Bradleyhaven, TN 53219

Phone: +9316045904039

Job: Future Coordinator

Hobby: Archery, Couponing, Poi, Kite flying, Knitting, Rappelling, Baseball

Introduction: My name is Annamae Dooley, I am a witty, quaint, lovely, clever, rich, sparkling, powerful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.